Kamis, 10 Januari 2013

8 Langkah mewujudkan Rumah Idaman Keluarga


  8 Langkah mewujudkan Rumah Idaman Keluarga
Dalam mewujudkan rumah idaman keluarga, ada beberapa faktor penting yang harus anda perhatikan agar proyek keluarga anda berjalan dengan baik dan sesuai dengan harapan. Berikut ini 8 langkah mudah untuk mewujudkan misi tersebut :

1. Sketsa / Layout Rumah
Berawal dari sebuah coretan / sketsa dasar yang anda lakukan sendiri , coretan tersebut boleh berasal dari :

Ide & imajinasi
Hasil ide yang ada di kepala dan daya imajinasi anda dalam membayangkan rumah idaman tersebut

Inspirasi orang lain
Hasil dari inspirasi orang lain , mungkin anda habis berkunjung dari saudara , teman atau orang terkenal yang memiliki rumah menarik dan menginspirasikan anda untuk memiliki hal serupa

Referensi media cetak / online
Begitu banyak majalah , tabloid , koran dan informasi online di internet semakin menambah wawasan anda dalam memilih dan memunculkan sebuah desain yang anda idam – idamkan.


2. Desain Rumah
Menentukan sendiri desain rumah idaman keluarga tidaklah mudah , apalagi banyaknya sumber / ide yang masuk semakin menambah pusing dan kebingungan yang mana yang harus dipilih dan sesuai dengan pilihan anda.

Peran Arsitek sebagai partner
Anda harus mengajak arsitek untuk sharing , utarakan rencana anda tersebut dan berikan kesempatan kepada arsitek anda untuk memberikan masukan dan gagasan positif sehingga mereka dapat membantu ide dan imajinasi anda menjadi nyata.

Harap dipahami bahwa nantinya Rumah Idaman Keluarga Anda adalah merupakan cerminan karakter dan kepribadian anda bukan karakter / kepribadian arsiteknya , sehingga ketika anda bepergian jauh , anda selalu merindukan Rumah Anda dan ingin berlama – lama santai bersama keluarga.


3. Anggaran Biaya
Pengelolaan anggaran untuk proyek ini adalah penting sekali.  Jangan menomor duakan , anda harus berkomitmen terhadap diri anda dan seluruh anggota keluarga anda bahwa ini adalah benar benar rumah bernama “ Rumah Idaman Keluarga “.

Safe Deposit Box
Anggaran untuk membangun rumah tidak boleh diganggu oleh kepentingan lain , anda harus menyimpan di ruangan tersendiri , menyimpannya di rekening khusus , kelancaran proyek ini adalah hal penting , menyangkut prestise / status anda. Apa jadinya jika dana anda tidak lancar ? uang anda tidak siap ? betapa malunya anda kepada tetangga sekitar , pekerjaan kontraktor yang harusnya berjalan lancar menjadi terkendala , apakah anda cukup dengan meminta maaf ? mungkin pada saat itu bilang Ya , tetapi sebenarnya menghindari hal ini tidak terjadi adalah mutlak , sehingga misi anda membangun Rumah idaman keluarga benar – benar lancar dan mulus.

Alokasi Anggaran
Alokasikan anggaran anda dengan benar , dengan pengaturan anggaran secara cermat , maka tahapan proyek pembangunan Rumah idaman keluarga berjalan sesuai tahapan – tahapanya.

Tahapan Desain
Tahapan dimana proses desain oleh arsitek desain rumah

Tahapan Bangun
Tahapan dimana proses pembangunan rumah dijalankan

Tahapan Interior
Tahapan dimana desain interior dan pengisian rumah

Tahapan Proteksi
Tahapan dimana anda memberikan proteksi asuransi terhadap properti anda

4. Bangun Rumah
Setelah proses desain rumah selesai , anda melangkah kepada penunjukan Kontraktor bangunan. Team pelaksana pembangunan proyek anda tersebut , kriteria dalam memilih kontraktor pelaksana pembangunan adalah sebagai berikut :

Perusahaan Kontraktor Pelaksana memiliki reputasi pengalaman yang cukup dan dikenal oleh publik. Memiliki team arsitek pelaksana , mandor dan tukang berpengalaman puluhan tahun. Untuk melihat kinerja dan track record perusahaan , anda dapat melihat dari portfolio mereka , tidak saja dituntut sebuah kinerja yang bagus , kejujuran , dedikasi , semangat untuk membantu anda , tetapi juga hubungan emosional dan networking yang positif antara anda dengan pihak kontraktor pelaksana tersebut.

Salah satu langkah strategi adalah memilih Perusahaan yang memiliki pelayanan secara ter – integrasi antara Desain dan Bangun , sehingga tidak memutus mata rantai sebuah proyek dan dapat dijalankan secara bersamaan.


Design & Build
Team yang ada tunjuk untuk desain rumah akan bekerja secara maksimal dalam mendesain rumah.

Team pelaksana pembangunan akan menterjemahkan hasil desain kedalam bentuk nyata sesuai dari gambar kerja.


DESIGN & BUILD

5. Syukuran / Doa Bersama
Setelah proses bangun rumah selesai , pada saat serah terima kunci dari kontraktor pelaksana bangunan dengan pihak anda selaku pemilik , maka momen yang paling tepat bagi anda untuk melaksanakan Syukuran / Potong Tumpeng / Sembelih Kambing / Sapi.

Manfaatnya banyak sekali :

- Keluarga besar anda berkumpul bersama penuh keakraban
- Seluruh Pekerja ( Kontraktor Pelaksana ) mendokan anda hidup sejahtera
- Seluruh anggota keluarga dinaungi rasa nyaman , aman dan damai
- Rumah anda terhindar dari hal – hal buruk ( kejahatan dan mahkluk halus )
- Rumah anda terhindar dari bencana ( petir , angin puting beliung dll )
- Dengan Rumah baru , karir anda akan semakin cemerlang


6.  Interior Desain
Setelah selesai dibangun , proses selanjutnya anda bisa menunjuk arsitek interior desain untuk mendesain sebuah interior sesuai dengan keinginan anda. Interior yang anda terapkan dalam rumah baru tersebut harus sesuai dengan bentuk / model bangunan rumah anda , sehingga nilai seni dan estetika dari bangunan dapat bercampur / blended dengan sempurna dengan interior rumah.

Perpaduan yang sempurna antara bangunan fisik dengan interior desain akan semakin mempertegas karakter / kepribadian anda. Jika anda sudah memiliki properti sendiri ( meja , kursi , tempat tidur dll ) / melakukan proses perpindahan sebelum dilaksanakan proyek pembanguan , maka no.7 adalah solusinya.


7.  Relocation / Pindahan
Properti yang anda pindahkan tadi akan dimasukkan kembali ke Rumah baru , anda bisa melakukan penghematan biaya , misalnya diri anda sendirilah sebagai interior desainernya , anda sendirilah yang bertugas mengatur tata letak properti anda yang sudah ada. Pakailah properti yang sesuai dengan rumah baru anda , jika tidak sesuai lebih baik membeli yang baru dan cari bentuk / model yang cocok dengan karakter bangunan fisik.

8.  Asuransi
Alokasikan dana anda untuk proteksi asuransi rumah jika perlu


ARSITEK BANGUN RUMAH PERSADA

Perkantoran Pulomas Satu Gedung 1  Lantai 2 Ruang No.9 
Jl. Ahmad Yani No. 2  - Jakarta Timur 13210  - INDONESIA
Telp : 021 – 4711026 / Fax   : 021 – 4711026  Mobile Phone : 0821 228 28 228
email :
studio@bangun-rumah.com   website  :  http://www.bangun-rumah.com  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar